Breaking News
Loading...
Minggu, 16 Februari 2014

Sydney, Sungguh besar hati Renee Howie. Meski tahu bayi dalam kandungannya bakal lahir dengan dua wajah satu tubuh, dengan kesempatan hidup sangat kecil, ia masih mempertahankan kandungannya dan menolak melakukan aborsi.

Sepasang suami istri, Renee dan Simon Howie, telah memutuskan untuk tetap melahirkan bayi perempuan mereka meskipun hasil scan menunjukkan dia memiliki dua wajah, dua otak, tetapi hanya satu tubuh. Dokter bahkan telah mengatakan bahwa bayi dengan kondisi tersebut tidak mungkin bertahan lebih dari dua hari.

Tapi pasangan asal Sydney, Australia, yang sudah memiliki tujuh anak ini tetap menolak untuk mengakhiri kehamilan atas dasar moral.

"Saya tidak percaya harus menggugurkan bayi. Ini akan sama dengan membawa pulang seorang anak dengan autisme," ujar Simon Howie, seperti dilansir Mirror, Rabu (12/2/2014).

"Jika saya hanya bisa dua hari bersama bayi itu, maka saya akan menerimanya selama dua hari," tambah sang istri, Renee.

Sang jabang bayi dengan dua wajah dan satu badan ternyata tidak hanya diterima dengan senang hati oleh kedua orang tuanya, tetapi juga kakak-kakaknya. "Kami akan menyukainya, tidak peduli bagaimana pun (kondisi) dia," tutur Jess, salah satu putri Renee.

Hanya ada 35 kasus bayi lahir dengan dua wajah dan satu tubuh yang pernah tercatat, yang terakhir terjadi di India pada 2008, dan tidak ada bayi-bayi yang dapat bertahan hidup dengan kondisi tersebut.

Kondisi ini diyakini bisa terjadi karena adanya gangguan pada masa pembelahan. Kembar identik (kembar monozigot) terjadi ketika telur yang dibuahi membelah dan berkembang menjadi dua individu. Delapan sampai 12 hari setelah pembuahan, lapisan embrio yang akan terbelah membentuk kembar monozigot mulai berkembang menjadi organ dan struktur tertentu.

Nah, pembelahan yang terjadi pada kembar siam atau dempet terjadi terlambat setelah masa pembelahan tersebut. Dilansir Mayo Clinic, diyakini pembelahan embrio yang akan menjadi kembar siam terjadi antara 13 hingga 15 hari setelah pembuahan, membuat pemisahannya berhenti sebelum proses selesai, sehingga masih ada bagian tubuh yang menyatu.

0 komentar:

Posting Komentar